Friday, February 01, 2019

Sang Penemu Jangka Sorong

Sang Penemu Jangka Sorong
Sejak zaman yunani dan romawi kuno jangka sorong telah ada, tetapi bentuknya berbeda tidak seperti bentuk yang kita lihat saat ini. Bangsa cina juga dianggap telah menggunakan jangka sorong saat Era dinasti Han Sebelum Masehi. Jangka sorong terbuat dari bahan perunggu. Selain digunakan untuk mengetahui ukuran suatu benda, zaman dahulu eropa juga menggunakan sebagai penunjuk arah.

Pada tahun 1600 Jangka Sorong yang kita gunakan sekarang ini ditemukan dikota Oranan Perancis. Alat ukur ini dibuat oleh seorang ahli matematika dan sains bernama Pierre Vernier. Beliau adalah orang yang menciptakan skala yang diberi nama skala vernier atau skala nonius.

Penjelasan tentang skala nonius telah di sebutkan dalam bukunya yang berjudul "La Contruction,visage, et les proprietes fue quadrant nouvea de mathmatiques". Skala nonius adalah skala yang terdapat pada jangka sorong.

Pada Abad Ke 19 pemakaian skala nonius oleh kebanyakan orang yang hidup dizaman itu. Dimana skala tersebut ditemukan oleh seorang berkebangsaan spanyol bernama Dedron Nunus.

Pada awal abad ke-19, seorang bangsawan berkebangsaan perancis mengubah nama skala tersebut kembali kepada skala vernier. Jangka Sorong pertama kali diproduksi oleh Joseph Brown pada tahun 1851.

Salam Listrik.


EmoticonEmoticon