Wednesday, January 16, 2019

Pengertian dan Fungsi Dari Kontaktor

Pengertian dan Fungsi Dari Kontaktor
Pada motor-motor listrik yang mempunyai daya besar harus dapat di operasikan dengan momen kontak yang cepat agar tidak menimbulkan loncatan bunga api pada alat penghubung.

Dalam pengoperasian yang dapat dilengkapi dengan beberapa alat otomatis dan alat penghubung yang paling mudah adalah dengan menggunakan saklar magnet (kontaktor). 

Kontaktor Magnet yaitu suatu alat penghubung listrik yang bekerja atas dasar Magnet yang dapat menghubungkan sumber arus dengan muatan. Bila inti koil pada kontaktor diberikan arus, maka koil akan menjadi magnet dan menarik kontak sehingga kontaknya menjadi terhubung dan dapat mengalirkan arus listrik.

Saklar Magnet merupakan saklar yang bekerja berdasarkan prinsip kemagnetan. Artinya saklar ini bekerja jika ada gaya kemagnetan pada penarik kontaknya. 

Magnet berfungsi sebagai penarik dan sebagai pelepas kontak-kontaknya denan bantuan pegas pendorong. Sebuah kontaktor harus mampu mengalirkan dan memutuskan arus dalam keadaan kerja normal.

Arus kerja nominal adalah arus yang mengalir selama pemutusan tidak terjadi. Sebuah kontaktor dapat memiliki koil yang bekerja pada tegangan DC atau AC. Pada tegangan AC, tegangan minimal adalah 85% tegangan kerja, apabila kurang maka kontaktor akan bergetar.

Ukuran dari kontaktor di tentukan oleh batas kemampuan arusnya. Biasanya pada kontaktor terdapat beberapa kontak, yaitu kontak normal terbuka (normally open atau NO). Dan kontak normal tertutup (normally close atau NC).

Kontak NO saat kontaktor magnet belum bekerja kedudukannya membuka (NO) dan bila kontaktor bekerja kontak tertutup/terhubung (NC).

Sedangkan kontak NC saat kontaktor belum bekerja kedudukan kontaknya menutup (NC) dan bila kontaktor bekerja kontak itu membuka (NO).

Jadi fungsi kerja kontak NO dan NC berlawanan. Kontak NO dan NC bekerja membuka sesaat lebih cepat sebelum kontak NO menutup.
Pengertian dan Fungsi Dari Kontaktor
Perhatikan dan amati gambar diatas
Kontak pada angka 3 dan 4 adalah NC (21-22 dan 41-42)
Kontak pada angka 1 dan 2 adalah NO (13-14 dan 43-44)

Apabila tidak ada arus maka kontak akan tetap diam. Tetapi apabila arus dialirkan dengan menutup switch maka kontak 3 dan 4 akan menjadi NO sedangkan kontak 1 dan 2 menjadi NC.
Pengertian dan Fungsi Dari Kontaktor
Fungsi dari kontak-kontak dibuat untuk kontak utama dan kontak bantu. Kontak utama terdiri dari kontak NO dan NC. Kontruksi dari kontak utama (1-3-5 2-4-6) berbeda dengan kontak bantu, yang kontak utamanya mempunyai luas permukaan yang luas dan tebal.

Kontaktor pada umumnya memiliki kontak utama untuk aliran 3 fasa. Dan juga memiliki beberapa keperluan. Kontak utama digunakan untuk mengalirkan arus utama, yaitu arus yang diperlukan untuk beban, misalnya motor listrik, pesawat pemanas dan sebagainya. 

Sedangkan kontak bantu digunakan untuk mengalirkan arus bantu yaitu arus yang diperlukan untuk kumparan magnet. alat bantu rangkaian, lampu-lampu indikator dan lain-lain. Notasi dan penomoran kontak-kontak kontaktor sebagai berikut :
Pengertian dan Fungsi Dari Kontaktor
Pada saat ini kontaktor magnet lebih banyak digunakan di bidang industri. Hal ini karena kontaktor mudah dikendalikan dari jarak jauh. selain itu dengan perlengkapan elektronik dapat mengamankan rangkaian listrik.

Keuntungan menggunakan kontaktor :
  1. Pelayanan mudah
  2. Momen kontak cepat
Kerugian menggunakan kontaktor :
  1. Mahal harganya
  2. Perawatannya cukup sukar
  3. Jika saklar putus sedangkan kontaktor dalam keadaan bekerja, maka kontaktor akan lepas dengan sendirinya. Kontaktor tidak akan bekerja lagi waluapun saklar induk telah disambung kembali sebelum tombol start ditekan lagi.
Tidak seperti saklar mekanis, dalam merakit dan menggunakan kontaktor harus dipahami rangkaian pengendali (kontrol) dan rangkaian utama.

Rangkaian pengendali adalah rangkaian yang hanya menggambarkan bekerjanya kontaktor dengan kontak-kontak bantunya.

Sedangkan rangkaian utama adalah rangkaian yang khusus memberikan hubungan beban dengan sumber tegangan (jala-jala) 1 fasa atau 3 fasa. Bila kedua rangkaian itu dipadu akan menjadi rangaian pengawatan (circuit diagram).
Pengertian dan Fungsi Dari Kontaktor
 Salam Listrik.

1 comments so far


EmoticonEmoticon