Monday, January 28, 2019

Pengertian, Prinsip Kerja, Struktur, Simbol Ladder PLC

Pengertian, Prinsip Kerja, Struktur, Simbol Ladder PLC
Pengertian PLC (Program Logic Controller)
 
Secara Mendasar PLC adalah suatu peralatan kontrol yang dapat di program untuk mengontrol proses atau operasi mesin. Kontrol program dari PLC adalah menganalisa sinyal input kemudian mengatur keadaan output sesuai dengan keinginan pemakai. Keadaan input PLC digunakan dan di simpan di dalam memori dimana PLC melakukan logika yang diprogram pada keadaan inputnya.

Peralatan imput dapat berupa push button (tombol), sensor photo elektrik, limit switch atau peralatan lainnya dimana dapat menghasilkan suatu sinyal yang dapat masuk kedalam PLC. 

Peralatan output dapat berupa lampu indikator, kontaktor yang menggerakkan motor atau peralatan lain yang dapat digerakan oleh sinyal output dari PLC.

Selain itu PLC juga menggunakan memory yang dapat di program untuk menyimpan instruksi - instruksi yang melaksanakan fungsi - fungsi khusus seperti : logika pewaktuan, sekuensial, dan aritmetika yang dapat mengendalikan suatu mesin atau proses melalui modul - modul I/O baik analog maupun digital.

Prinsip Kerja PLC

PLC merupakan peralatan elektronik yang dibangun dari mikroprosesor untuk memonitor keadaan dari peralatan input untuk kemudian di analisa sesuai dengan kebutuhan perencana (programmer) untuk mengontrol keadaan output. Sinyal input diberikan kedalam inpt card.
Ada 2 Jenis input card yaitu:
  1. Analog output card
  2. Digital output card
Setiap output card mempunyai alamat tertentu dan diproses oleh mikroprosesor menurut alamatnya. Banyaknya output tergantung jenis PLC nya. PAda PLc juga dipersiapkan internal input dan output untuk proses dalam PLC sesuai dengan kebutuhan program. Dimana internal input dan output ini hnanya sebagai flag dalam proses. Di dalam PLC juga dipersiapkan timer yang dapat dibuat dalam konfigurasi on delay, off delay, on timer, off timer dan lain-lain sesuai dengan programnya. Untuk memproses timer tersebut, PLC memanggil berdasarkan alamatnya. 

Untuk melaksanakan sebagai kontrol sistem, PLC didukung oleh perangkat lunak yang merupakan bagian penting dari PLC. Program PLC biasanya terdiri dari 2 jenis ladder diagram dan instruksi dasar diagram, Setiap PLC mempunya perbedaan dalam penulisan program.

Struktur Dasar PLC
  1. Central  Prosesing Unit (CPU) berfungsi untuk mengontrol dan mengawasi semua pengoperasian dalam PLC, melaksanakan program yang disimpan di dalam memory. Selain itu CPU juga memproses dan menghitung waktu memonitor waktu pelaksanaan perangkat lunak dan menterjemahkan program perantara yang berisi logika dan waktu yang di butuhkan untuk komunikasi data dengan pemrogram.
  2. Memory yang terdapat dalam PLC berfungsi untuk menyimpan program dan memberikan lokasi-lokasi dimana hasil-hasil perhitungan dapat disimpan didalamnya. PLC menggunakan peralatan memory semi konduktor seperti RAM (Random Acces Memory), ROM (Read Only Memory), dan PROM (Programmable Read Only Memory). RAM mempunyai waktu akses yang cepat dan program-program yang terdapat didalamnya dapat diprogram ulang sesuai dengan keinginan pemakainya. RAM disebut juga sebagai volatile memory, maksudnya program-program yang terdapat mudah hilang jika supply listrik padam. Dengan demikian untuk mengatasi supply listrik yang padam tersebut maka diberi supply cadangan daya listrik berupa baterai yang disimpan pada RAM. Seringkali CMOS RAM dipilih untuk pemakaian power yang rendah. Baterai ini mempunyai jangka waktu kira-kira lima tahun sebelum harus diganti.
  3. Input / Ouput Sebagaimana PLC yang direncanakan untuk mengontrol sebuah proses atau operasi mesin, maka peran modul input / output sangatlah penting karena modul ini merupakan suatu perantara antara perangkat kontrol dengan CPU. Suatu peralatan yang dihubungkan ke PLC dinamakan perlatan input. Sinyal masuk kedalam PLC melalui terminal atau melalui kaki-kaki penghubung pada unit. Tempat dimana sinyal memasuki PLC dinamakan input poin, input poin ini memberikan suatu lokasi didalam memory dimana mewakili keadaannya, lokasi memori ini dinamakan input bit. Ada juga output bit di dalam memori dimana diberikan oleh output poin pada unit, sinyal output dikirim ke peralatan output. Setiap inpu/output memiliki alamat dan nomor urutan khusus yang digunakan selama membuat program untuk memonitor satu persatu aktivitas input dan ouput didalam program. Indikasi urutan status dari input output ditandai Light Emiting Diode (LED) pada PLC atau modul input/output, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengecekan proses pengoperasian input/output dari PLC itu sendiri.
  4. Power Supply PLC tidak akan beroperasi bila tidak ada supply daya listrik. Power supply merubah tegangan input menjadi tegangan listrik yang dibutuhkan oleh PLC. Dengan kata lain sebuah suplai daya listrik mengkonversikan suplai daya PLN (220 V) ke daya yang dibutuhkan CPU atau modul input/output.
Simbol - Simbol Ladder Diagram
1. Load / LD = Star pada normally open input. Atau bisa pilih Huruf C pada keyboard PC/Laptop
Pengertian, Prinsip Kerja, Struktur, Simbol Ladder PLC
2. Load Not / LD NOT = Star pada normally close input. Atau bisa juga pilih tanda ?/ pada keyboard PC/Laptop
Pengertian, Prinsip Kerja, Struktur, Simbol Ladder PLC
3. AND = menghubungkan dua buah atau lebih dalam bentuk normally open secara seri. Atau bisa pilih huruf C
Pengertian, Prinsip Kerja, Struktur, Simbol Ladder PLC
 4. AND NOT = Menghubungkan 2 atau lebih input dalam bentuk normally close. Atau bisa juga tekan tanda ?/ pada PC/Laptop.
Pengertian, Prinsip Kerja, Struktur, Simbol Ladder PLC
5. OR = Menghubungkan 2 atau lebih input dalam bentuk normally open secara seri. Atau bisa juga pilih huruf W pada keyboard PC/Laptop.
Pengertian, Prinsip Kerja, Struktur, Simbol Ladder PLC
6. OR NOT = Menghubungkan 2 atau lebih input dalam bentuk normally close secara pararel. Bisa Pilih tanda ?/ pada keyboard PC/Laptop.
Pengertian, Prinsip Kerja, Struktur, Simbol Ladder PLC
7. OUTPUT / OUT = Menyalakan output. Bisa pilih huruf O pada keyboard PC/Laptop.
Pengertian, Prinsip Kerja, Struktur, Simbol Ladder PLC

Salam Listrik.


EmoticonEmoticon